20 Resep Aneka Sambal Rumahan Khas Indonesia

20 Resep Aneka Sambal Rumahan Khas Indonesia

Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Whatsapp
Sambal merupakan hidangan pedas yang terbuat dari cabai ditumbuk halus. Ada banyak sekali resep aneka sambal rumahan dan tiap daerah memiliki ciri khas nya masing-masing.

20 Resep Aneka Sambal Rumahan Khas Indonesia

Banyak orang yang merasa kalau makan tanpa sambal rasanya pasti ada yang kurang. Sambal merupakan hidangan pedas yang terbuat dari cabai ditumbuk halus. Sambal biasanya disajikan untuk cocolan dengan lalapan, pelengkap lauk-pauk, ataupun makanan berkuah.

20 Resep Aneka Sambal 

Sebenarnya ada banyak sekali jenis sambal rumahan dan tiap daerah biasanya berbeda. Kalau kalian bosan dengan sambal korek yang itu-itu saja, kalian bisa coba membuat resep aneka sambal berikut ini.

1. Sambal Petis

Sambal petis memiliki aroma khas dengan warna hitam dan rasa pedas manis. Bahan utama sambal petis adalah petis udang yang dicampur dengan cabai rawit, bawang putih, gula, garam, sedikit air, dan kecap. Sambal petis cocok dijadikan cocolan untuk gorengan, tahu, ataupun dicampur degan sayuran rebus seperti petis kangkung. 

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal petis.

2. Sambal Tomat

Sambal tomat merupakan salah satu jenis sambal rumahan yang paling sering dibuat di rumah. Sambal tomat memiliki rasa sedikit asam tomat dan tidak terlalu pedas karena dominan buah tomat yang digunakan. Untuk membuat sambal tomat, goreng sebentar semua bahan hingga layu baru ulek dalam cobek.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal tomat. 

3. Sambal Geprek

Sambal geprek biasanya disajikan dengan ayam goreng, tempe ataupun telur goreng. Sambal geprek umumnya memiliki rasa super pedas karena menggunakan cabai rawit merah yang diulek dan disiram minyak panas. 

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal geprek. 

4. Sambal Teri Medan

Membuat sambal teri Medan membutuhkan sedikit waktu karena kalian perlu memasak sambal dengan teri Medan sampai matang. Pertama-tama, rendam teri Medan hingga lunak lalu tiriskan.

Siapkan semua bahan sambal dan goreng sebentar hingga layu lalu haluskan dalam cobek. Masak kembali sambal dalam wajan dan tambahkan bumbu lain serta teri Medan. Aduk rata dan masak hingga sambal teri Medan benar-benar matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal teri Medan.

5. Sambal Soto

Sesuai namanya, sambal soto merupakan sambal pelengkap untuk makanan berkuah seperti soto ataupun bakso. Sambal soto memiliki tekstur sedikit encer. Pertama-tama, rebus cabai rawit sampai lunak. Lalu goreng sebentar bawang putih dan kemiri. Campurkan semua bahan tadi dan beri bumbu dasar berupa garam dan gula pasir baru beri sedikit air panas matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal soto.

6. Sambal Dabu Dabu Khas Manado

Sambal dabu-dabu merupakan sambal khas dari daerah Manado yang memiliki rasa segar. Sambal dabu-dabu biasanya disajikan dengan olahan ikan dan seafood. Sambal dabu-dabu tidak diulek seperti sambal pada umumnya, tapi semua bahan dipotong-potong kecil baru campur dan diaduk rata.

Potong-potong kecil cabai, tomat, dan bawang merah. Lalu campurkan dengan daun kemangi segar dan beri gula pasir, garam, air perasan jeruk nipis, dan minyak kelapa. Aduk rata dan langsung sajikan.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal dabu-dabu khas Manado.

7. Sambal Pecak Khas Betawi

Sambal pecak khas Betawi memiliki tekstur yang kasar dengan rasa pedas dan segar. Sambal pecak biasanya disajikan untuk cocolan ikan gurami atau jenis olahan ikan lainnya.

Untuk membuat sambal pecak, goreng dulu bawang merah dan putih sebentar lalu ulek kasar semua bahan dalam cobek. Siram dengan minyak panas tadi dan aduk rata.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal pecak khas Betawi.

8. Sambal Ijo Khas Padang

Kalau makan masakan Padang, pasti selalu ada sambal ijonya yang lezat kan bun? Nah ternyata, resep dan cara memasak sambal ijo khas Padang tidaklah terlalu sulit.

Pertama-tama, goreng terlebih dahulu cabai hijau, bawang, dan tomat hijau sampai layu. Lalu haluskan dengan cobek dan tumis sambal. Tambahkan daun jerik dan beri bumbu baru masak hingga matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal ijo khas Padang.

9. Sambal Kecombrang

Untuk varian sambal yang satu ini memiliki rasa yang sangat segar dan bau harum karena campuran bunga kecombrang nya. Untuk membuat sambal kecombrang sama seperti membuat sambal pada umumnya yakni dengan menghaluskan semua bahan sambal lalu tumis. Baru tambahkan bunga kecombrang muda yang telah disuwir-suwir dan beri bumbu dasar. Aduk rata dan masak sambal sampai benar-benar matang. 

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal kecombrang.

10. Sambal Bawang

Khusus untuk sambal bawang, bawang merah dan bawang putih dalam sambal diperbanyak. Kalian hanya perlu menggoreng terlebih dahulu bawang dan cabai sampai layu lalu ulek halus dan beri bumbu.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal bawang.

11. Sambal Matah Khas Bali

Sambal matah khas Bali memiliki rasa yang sangat segar dan cocok disajikan dengan olahan ikan dan seafood. Resep dan cara membuat sambal matah juga sangat simple dan tidak membutuhkan waktu lama.

Kalian hanya perlu mengiris tipis cabai, bawang merah dan putih, serai, dan daun jeruk. Campurkan dalam mangkuk lalu tambahkan air perasan jeruk nipis atau limau, terasi bakar, garam, gula pasir, dan minyak kelapa panas. Aduk rata dan sajikan.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal matah khas Bali.

12. Sambal Andaliman Khas Batak

Sesuai namanya, sambal andaliman khas Batak merupakan sambal ulek yang dicampur dengan andaliman, merica Batak yang memiliki rasa pedas. Untuk membuat sambal yang satu ini, kalian memerlukan cabai rawit hijau, andaliman, bawang merah dan putih, kemiri, serai, garam, dan air perasan jeruk. Ulek semua bahan sambal sampai lembut dan janga lupa cicipi rasanya ya bun.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal andaliman khas Batak.

13. Sambal Bajak

Sambal bajak sedikit berbeda dengan sambal pada umumnya karena memiliki aroma yang wangi rempah-rempah yang digunakan. Resep dan cara membuat sambal bajak sebenarnya tidak terlalu susah, hanya saja lebih banyak bahan yang dibutuhkan.

Pertama -tama tumis terlebih dahulu potongan cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi hingga layu lalu ulek. Masukkan cabai ke dalam wajan dan tumis kembali lalu tambahkan garam, gula merah, daun salam, serai, lengkuas, dan air asam Jawa. masak hingga sambal bajan benar-benar matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal bajak.

14. Sambal Pecel

Sambal pecel biasanya disajikan dengan rebusan sayur dan bahan pelengkap pecel lainnya. Sambal pecel merupakan sambal kacang yang memiliki rasa pedas manis.

Pertama-tama haluskan kacang tanah sangrai atau goreng. Tumis sebentar bumbu yang mau dihaluskan lalu tumbuk halus dan tambahkan gula merah, garam, dan asam jawa.

Tumis bumbu halus tadi kembali dalam wajan dan masukkan kacang halus dan aduk-aduk rata dengan api kecil sampai semua bahan tercampur dan teksturnya padat. Untuk menggunakan sambal pecel, cairkan dengan sedikit air lalu siram ke rebusan sayur.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal pecel.

15. Sambal Terasi

Sambal terasi merupakan salah satu jenis sambal rumahan yang paling sering dibuat dan cocok dijadikan untuk cocolan apapun. Untuk membuat sambal terasi tentu sangat mudah. Kalian hanya perlu menggoreng bahan yang dibutuhkan dan ulek halus dengan bumbu. Untuk terasinya, bisa dibakar dulu atau digoreng sekalian.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal terasi.

16. Sambal Luat Khas NTT

Sambal luat khas NTT memilki rasa segar karena tambahan air perasan jeruk nipis dan daun kemangi segar. Kalian hanya perlu menumbuk kasar semua bahan yaitu cabai rawit dan merah, tomat, bawang merah, daun bawang, dan daun kemangi. Tumbuk dan tinggal tambahkan garam, gula pasir, dan air perasan jeruk nipis.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal luat khas NTT. 

17. Sambal Kecap

Siapasih yang ga kenal sambal kecap? Sambal kecap bisa disajikan untuk banyak makanan mulai dari gorengan, ikan, ayam, dan seafood, sampai dengan sate. Resep dan cara membuatnya tentu sangat mudah karena kalian tinggal memotong-motong halus semua bahan lalu tambahkan kecap manis.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal kecap.

18. Sambal Korek

Sambal korek merupakan sambal paling simple dan cepat dubuat untuk lauk pendamping. Kalian hanya perlu menumbuk halus semua bahan dan tuang sedikit minyak panas.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal korek.

19. Sambal Tuktuk Andaliman

Sambal tuktuk andaliman merupakan sambal khas daerah Sumatra Utara. Resep dan cara membuat sambal tuktuk andaliman tidaklah terlalu sulit dan yang membedakan adalah tambahan andaliman dan ikan teri yang telah digoreng.

Goreng sebentar bahan sambal baru ulek halus dalam cobek. Tambahkan kemiri, garam, dan andaliman lalu ulek kembali hingga halus baru tambahkan air perasan jeruk nipis dan ikan teri. Aduk rata.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal tuktuk andaliman.

20. Sambal Tumpang khas Kediri

Berbeda dengan sambal-sambal sebelumnya, sambal tumpang khas Kediri merupakan sambal berbahan dasar tempe semangit atau tempe yang mau busuk dimasak berkuah dengan bumbu rempah. Sambal tumpang biasanya disajikan dengan sayur rebus, nasi, dan gorengan.

Untuk membuat sambal tumpang, membutuhkan bahan banyak dan lumayan memakan waktu. Pertama-tama, kalian perlu merebus tempe semangit dan bumbu lainnya. Haluskan tempe rebus dan bumbu halus lalu masukkan ke dalam kuah rebusan tempe sebelumnya untuk kuah. Tuang santan san sisa bumbu dasar. Aduk rata dan masak hingga sambal tumpang matang.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep sambal tumpang khas Kediri.

Baca juga resep dan artikel menarik CaraMasak yang lain di Google News, Terima kasih.

CaraMasak

Temukan berbagai resep hidangan istimewa, makanan dan minuman, serta tips dan informasi seputar memasak super lengkap di sini, Hidangkan hidangan Istimewa untuk Keluarga Kita Tercinta.

Tampilkan Komentar