9 Resep Soto khas Nusantara Perlu Kalian Coba

9 Resep Soto khas Nusantara Perlu Kalian Coba

Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Whatsapp
Siapa sih yang tidak tahu soto? Soto merupakan makanan khas Indonesia yang berkuah kaldu atau kuah santan dengan isian daging-dagingan.

9 Resep Soto khas Nusantara Perlu Kalian Coba

Salah satu makanan berkuah yang sering dicari adalah soto. Siapa sih yang tidak tahu soto? Soto merupakan makanan khas Indonesia yang berkuah kaldu atau santan dengan isian daging-dagingan.

9 Resep Soto Khas Nusantara

Di Indonesia sendiri ada berbagai macam variasi soto tergantung tiap daerahnya. Nah kalau kalian mau mencoba memasak berbagai macam soto khas Nusantara yang mudah dibuat di rumah, kalian bisa mencoba beberapa menu di bawah ini. Berikut ini adalah 9 resep soto khas Nusantara yang perlu kalian coba.

1. Soto Ayam Bening

Varian soto pertama yang sangat simple dibuat yaitu soto ayam dengan kuah bening. Yang membuat enak atau tidaknya soto, tergantung dari rasa kuahnya. Untuk soto ayam bening, kuah terbuat dari kaldu ayam yang kemudian ditambahkan tumisan bumbu kuning.

Sedangkan untuk isiannya berupa suwiran daging ayam, soun, tauge, irisan kol, telur rebus dengan taburan irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto ayam bening.

2. Soto Kudus

Untuk soto dengan kuah bening selanjutnya yaitu soto khas dari daerah Kudus. Soto khas Kudus memiliki rasa segar dan pedas yang dimakan dengan nasi putih. Untuk kuah beningnya bisa memakai sedikit kunyit atau tidak pakai sama sekali.

Resep dan cara memasak soto Kudus rumahan tidaklah terlalu sulit. Pertama-tama, kalian buat kuah kaldu ayam terlebih dahulu lalu siapkan bahan isian nya yaitu suwiran daging ayam, tauge, irisan daung bawang, dan seledri, serta bawang goreng. Sedangakn untuk pelengkap agar lebih segar, jangan lupa beri sambal dan air perasan jeruk nipis.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto Kudus.

3. Soto Lamongan

Siapa nih yang belum pernah makan soto lamongan? Soto Lamongan sangat terkenal gurih karena dilengkapi dengan taburan bubuk koya. Soto yang satu ini disajikan dengan kuah kaldu kuning dengan berbagai bahan tambahan.

Pertama-tama buat kuah kaldunya menggunakan ayam kampung agar lebih gurih. Tambahkan tumisan bumbu halus kuning ke dalam kaldu dan masak hingga matang. Untuk isian soto, umumnya terdiri dari suwiran ayam, irisan sayur kol, tauge, dan soun. Sedangkan untuk pelengkap yaitu bubuk koya, sambal, irisan tomat, telur rebus, irisan daun bawang dan daun seledri, serta perasan jeruk nipis. Jangan lupa sajikan dengan nasi putih hangat ya.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto Lamongan.

4. Soto Sokaraja

Soto khas dari daerah Sokaraja dan sekitarnya sedikit berbeda dari soto yang banyak orang kenal. Soto Sokaraja disajikan dengan kuah kaldu bersantan, lontong atau ketupat, dan sambalnya menggunakan sambal kacang pedas.

Rasanya tentu sangat lezat ditambah lagi dengan kuah santannya. Nah kalau kalian bosan dengan soto berkuah bening atau kuning, lebih baik coba membuat soto Sokaraja.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto Sokaraja.

5. Soto Ceker

Baut para pecinta ceker, kalian bisa mencoba memasak menu yang satu ini. Ceker memang bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan dan salah satunya yaitu soto ceker.

Rebus ceker terlebih dahulu sampai setengah matang dan kotorannya terangkat. Buang air rebusan yang kotor kemudian beri air baru. Lanjutkan merebus ceker hingga lunak dan kuah kaldu akan digunakan sebagai kuah soto. Kemudian masukkan bumbu tumisan soto dalam kuah kaldu dan masak sampai matang. Untuk bahan isian, bisa disesuaikan selera ya. 

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto ceker.

6. Soto Mie

Soto mie merupakan soto khas dari daerah Bogor yang disajikan dengan kuah bening. Sesuai namanya, soto mie merupakan jenis soto yang bahan isian utamanya dari mie kuning. Yang membedakan soto mie dengan soto lainnya yaitu bahan isian yang digunakan, antara lain mie kuning, daging sapi, kikil, risol bihun, irisan sayur kol, dan tomat.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto mie.

7. Soto Bandung

Menu yang tidak kalah enak dan unik selanjutnya yaitu soto khas Bandung. Soto Bandung sedikit berbeda pada soto lainnya karena menggunakan daging sapi tetelan, irisan lobak putih, dan taburan kedelai goreng.

Pertama-tama, buat kuah kaldu sapi nya dengan daging sapi tetelan atau daging sandung lamur. Tambahkan tumisan bumbu soto, lobak, dan bumbu pelengkap lainnya ke dalam kuah kaldu.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto Bandung.

8. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan soto khas dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan. Soto yang satu ini terkenal harum karena kaya akan rempah-rempah dengan kuah kuning.

Yang membedakan soto Banjar dengan soto lainnya yaitu menggunakan perkedel kentang sebagai tambahan isian soto. Nah kalau kalian ingin memakan soto Banjar, kalian tidak perlu repot-repot harus ke daerah asalnya karena kalian bisa membuatnya sendiri di rumah.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep soto Banjar.

9. Coto Makassar

Menu terakhir yang patut kalian coba buat sendiri di rumah yaitu coto Makassar. Coto makassar berisi potongan daging sapi khas dalam yang disiram dengan kuah kental. Uniknya, soto yang satu ini disajikan dengan sambal tauco.

Yang membuat kuah coto Makassar kental yaitu tambahan kacang tanah goreng yang telah dihaluskan. Untuk membuat soto yang satu ini memang membutuhkan waktu dan bahan yang cukup banyak. Walau begitu, hasilnya sangat sepadan karena sangat lezat dan gurih.

Untuk detail resepnya, bisa kunjungi Resep coto Makassar.

Baca juga resep dan artikel menarik CaraMasak yang lain di Google News, Terima kasih.

CaraMasak

Temukan berbagai resep hidangan istimewa, makanan dan minuman, serta tips dan informasi seputar memasak super lengkap di sini, Hidangkan hidangan Istimewa untuk Keluarga Kita Tercinta.

Tampilkan Komentar